Skip links

TENTANG – JAGA BHUMI

Mengetahui apa itu Jagabhumi seutuhnya

JAGA BHUMI adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kebun Raya sebagai kawasan konservasi keanekaragaman tumbuhan di Indonesia.

Tentang Gerakan Jaga Bhumi

International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengeluarkan data bahwa di Indonesia tercatat ada dua spesies satwa berkategori punah, 66 spesies berkategori kritis, dan 167 spesies dalam kondisi genting. Sedangkan untuk tumbuhan tercatat 1 spesies punah, 2 spesies punah in situ, 115 spesies kritis, dan 72 spesies berstatus genting.Atas dasar kondisi diatas, maka Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) sebagai sebuah organisasi yang fokus di bidang konservasi tumbuhan dan lingkungan hidup, merasa sangat perlu berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap ancaman kepunahan keanekaragaman hayati Indonesia.

YKRI merasa perlu untuk memberikan amplifikasi terhadap kepedulian atas keanekaragaman hayati Indonesia yang seluruhnya difokuskan melalui gerakan Jaga Bhumi.

Gimana kalau mau partisipasi di gerakan ini? Gampang kok!Yuk mulai lakukan hal positif yang kira-kira bisa berkontribusi buat bumi, post di sosial media dan kasih hashtag #akujagabhumi

TENTANG – VISI MISI

VISI & MISI

Menyelamatkan Plasma Nutfah Indonesia Melalui Revitalisasi dan Peningkatan jumlah Kebun Raya Indonesia

SLOGAN JAGABHUMI

“Kembalikan Kejayaan Indonesia”

TENTANG – YAYASAN KEBUN RAYA INDONESIA

Didirikan pada tanggal 21 April 2001, YKRI bertujuan untuk melestarikan beragam tanaman yang kaya di Indonesia yang saat ini terancam oleh kurangnya upaya berkelanjutan. Lebih dari 590 spesies tanaman di Indonesia dalam bahaya dan diklasifikasikan sebagai terancam punah atau lebih buruk, punah.

Ada banyak spesies tanaman yang dapat menghasilkan manfaat potensial, tetapi belum ditemukan. Selain itu, banyak spesies telah berkurang secara signifikan pada tingkat yang mengkhawatirkan dan berada di ambang kepunahan, lebih cepat daripada tanaman untuk dipelajari, ditemukan dan diregenerasi.

Follow YKRI Instagram