tanaman puring

Tanaman Puring, Bukan Tanaman Hias Biasa

Tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita jumpai di berbagai tempat. Memiliki warna daun yang khas menjadikan tanaman ini begitu mudah untuk dikenali. Ya, tanaman yang dimaksud adalah tanaman puring. Tanaman puring biasanya sering kita temui di taman kota, pekarangan rumah, hingga di area pemakaman. Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di Pulau Jawa dan diperkirakan tanaman ini pertama kali ditemukan di Provinsi Maluku. Ragam tanaman puring kebanyakan muncul secara alami dan beberapa jenis adalah hasil silangan.

Tanaman puring (Codiaeum) merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki penampilan yang unik. Tanaman ini memiliki warna daun yang beragam seperti kuning, merah marun, merah muda, dan hijau. Selain itu, tanaman ini juga memiliki buah yang berbentuk bulat, buah muda berwarna hijau berkilat, setelah tua berubah menjadi hijau tua kusam. Biji puring juga berbentuk bulat yang terdapat dalam buah. Pertumbuhan batang puring tegak menjulang ke atas dengan percabangan banyak.

Tak hanya memiliki penampilan yang unik, ternyata tanaman puring bukan tanaman hias biasa. Di Jawa, puring sering dianggap sebagai tanaman berkhasiat, misalnya untuk obat pencahar bagi manusia. Selain itu, puring memiliki keunikan dimana daun pada puring merupakan penyerap utama yang dapat menyerap unsur plumbum yang bertebaran di udara terbuka. Dalam rangka mengurangi kadar logam berat di udara, seperti yang berasal dari buangan kendaraan bermotor, masyarakat disarankan untuk memperbanyak penanaman jenis tanaman ini.

Selengkapnya, baca di www.greeners.co