Tanaman Mangkokan, Liar namun Berkhasiat

Tanaman yang satu ini sering dijumpai tumbuh liar di pinggir jalan atau pekarangan rumah. Bentuk daunnya melengkung seperti mangkok, agak tebal, dan berbentuk hati di dasar. Selain itu, tanaman ini juga memiliki buah buni, pipih, dan berwarna hijau. Ya, tanaman tersebut adalah tanaman mangkokan.

Tanaman mangkokan (Polyscias scutellaria atau Nothopanax scutellarium) merupakan tanaman tropis yang dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan teduh. Selain itu, tanaman ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai jenis tanah.

Tanaman mangkokan juga dikenal dalam berbagai istilah lain, seperti pada bahasa Sunda disebut mamanukan, bahasa Makassar dengan mangko-mangko, bahasa Tagalog dengan platitos, dan dalam bahasa Inggris dengan nama saucer leaf. Meskipun tanaman ini merupakan tanaman liar, beberapa orang juga sering menjadikan tanaman mangkokan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang unik. Banyak orang yang melihat tanaman ini sekadar sebagai tanaman hias saja. Tapi siapa sangka, sesungguhnya tanaman liar yang satu ini memiliki banyak kandungan yang berkhasiat.

Daun mangkokan mengandung komposisi nutrisi yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, zat besi, lemak, protein, serta vitamin A, B1, dan C. Karena kandungan nutrisinya tersebut, tanaman ini dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa daun mangkokan mengandung zat tannin, polifenol, dan saponin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Selengkapnya, baca di www.greeners.co