pohon pisang kipas

Pohon Pisang Kipas, Sahabat Bagi Para Petualang

Pohon pisang kipas, seperti namanya, merupakan pohon pisang yang berbentuk seperti kipas. Pisang kipas atau Ravenala madagascariensis Sonn merupakan tanaman asal Madagascar yang dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tanaman yang satu ini cukup mudah ditemui, karena sering dijadikan sebagai tanaman hias. Pohon ini sangat ideal untuk menciptakan efek tanaman tropis yang eksotis dengan daunnya yang sangat besar. Tidak seperti pohon pisang yang lain, pohon pisang kipas jarang sekali menghasilkan bunga dan buah.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini dikenal sebagai “Palem Kipas” karena memiliki penampilan yang mirip seperti tanaman palem. Tanaman ini memiliki daun yang sangat panjang, panjangnya dapat mencapai 4 hingga 5 meter. Pohon ini memiliki pelepah berwarna pucat dan membentuk formasi daun yang tersusun layaknya kipas. Pohon pisang kipas tumbuh baik di wilayah yang kaya akan sinar matahari.

Tak hanya dapat dijadikan tanaman hias, pohon pisang jenis ini ternyata memiliki manfaat lain yang dapat menyelamatkan hidup para petualang. Ia pun menyandang julukan yang unik, yaitu “Traveler’s Tree” alias “Pohon Petualang”. Hal ini dikarenakan pohon pisang kipas memiliki pelepah daun yang dapat menampung air hujan, sehingga pohon ini sering dimanfaatkan oleh para petualang sebagai sumber untuk mendapatkan air minum.

Selengkapnya, baca di www.greeners.co