fasilitas pembibitan modern

Fasilitas Pembibitan Modern Siap Dibangun oleh LIPI

Tahun ini Kebun Raya Bogor genap berusia dua abad. Guna meningkatkan kualitas Kebun Raya Bogor, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berencana untuk menambah fasilitas baru berupa pembibitan modern pada kawasan tersebut. Bila tidak ada kendala, LIPI berencana untuk membangun fasilitas tersebut pada tahun 2018. Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto, menyatakan bahwa tujuan dari dibangunnya fasilitas pembibitan modern di Kebun Raya Bogor adalah untuk menampung tanaman-tanaman endemik yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara.

Kehadiran fasilitas pembibitan modern ini berfungsi sebagai tempat pembibitan flora-flora langka yang sulit ditemui dan terbatas habitatnya. Nantinya, di fasilitas inilah pembibitan dilakukan hingga bibit-bibit tersebut siap disebar ke kebun raya lainnya. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan peran Kebun Raya Bogor dalam melakukan pendampingan kepada rintisan kebun raya di daerah lain dapat meningkat. Selain itu, berbagai pelatihan untuk sumber daya manusia juga akan dilakukan di fasilitas pembibitan modern ini.

Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati, mengungkapkan bahwa fasilitas pembibitan modern ini rencananya akan dilengkapi dengan rumah kaca yang bisa mengatur kelembaban, temperatur, sirkulasi udara, dan lain sebagainya. Demi mewujudkan rencana tersebut, LIPI terus berupaya untuk bermitra dengan berbagai elemen lain agar bisa melakukan ekspedisi atau eksplorasi yang bertujuan mengungkap keanekaragaman hayati yang belum pernah diketahui.

Selengkapnya, baca di www.greeners.co