kontribusi kebun raya bogor

Ini Kontribusi Kebun Raya Bogor bagi Lingkungan

Genap berusia 200 tahun pada bulan Mei kemarin, Kebun Raya Bogor sudah memberikan beragam kontribusi bagi lingkungan hidup. Kebun Raya Bogor menjadi salah satu benteng terakhir dalam penyelamatan koleksi flora di Indonesia, sehingga keberadaan kawasan ini perlu dijaga dengan baik. Didik Widyatmoko, Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, mengatakan bahwa peran Kebun Raya Bogor saat ini sudah jauh lebih meluas selain juga menjadi induk bagi pengembangan kebun raya-kebun raya daerah di Indonesia.

Hingga saat ini, Kebun Raya Bogor sudah berkontribusi banyak bagi lingkungan. Banyaknya penemuan jenis baru tumbuhan, adanya pengembangan kultur jaringan koleksi anggrek dan kantong semar, serta mekarnya bunga Rafflesia patma merupakan sebagian kecil dari kontribusi yang diberikan oleh Kebun Raya Bogor. Selain itu, kawasan yang satu ini juga berkontribusi bagi perlindungan plasma nuftah yang sangat berharga bagi kemajuan IPTEK di Indonesia. Dengan adanya Kebun Raya Bogor, selain dipulihkan, plasma nuftah juga turut terselamatkan.

Perlu diketahui, Kebun Raya Bogor juga memiliki peranan penting dalam mengatasi permasalahan air. Kebun Raya Bogor yang kaya akan keanekaragaman tanaman dapat berfungsi sebagai daerah tangkapan air hujan di wilayah Kota Bogor. Selain itu, kawasan yang satu ini juga berkontribusi dalam menciptakan suasana yang lebih asri dan menghasilkan udara yang lebih segar di tengah hiruk-pikuknya Kota Bogor.

Selengkapnya, baca di www.greeners.co