begonia siregarii

Begonia Gambutensis dan Begonia Siregarii, Bunga Cantik dari Sulawesi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk di Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi yang terletak di bagian timur Indonesia ternyata kaya akan biodiversitas yang belum tereksplorasi. Beberapa waktu lalu, dua spesies bunga begonia telah ditemukan di pulau tersebut. Dua begonia tersebut adalah Begonia gambutensis dan Begonia siregarii. Kedua bunga ini ditemukan lewat riset kerjasama antara Kebun Raya Bogor dengan Royal Botanic Garden. Penemuan dua jenis bunga begonia tersebut dipublikasikan di Edinburg Journal of Botany pada edisi Juli 2014.

Begonia gambutensis merupakan bunga begonia yang ditemukan di Gunung Gambuta, Sulawesi Utara. Bunga yang satu ini memiliki ciri khas berupa rambut-rambut halus berwarna merah crimson yang terdapat pada batang dan daunnya. Sedangkan untuk bunga Begonia siregarii, bunga ini ditemukan di Tana Toraja dan memiliki tangkai perbungaan betina yang panjang. Selain itu, bunga ini memiliki tepian tenda bunga betina yang rata. Nama Begonia siregarii sendiri diambil dari nama Kepala Kebun Raya Bogor periode 2009-2014, yakni Mustaid Siregar.

Pada tahun 2007, jumlah bunga begonia di Sulawesi yang diketahui hanya terdiri dari 30 jenis. Namun kini, jumlah tersebut terus berkembang. Jenis-jenis begonia yang muncul mungkin akan lebih banyak dari yang diduga. Dengan terus dilakukannya eksplorasi terhadap begonia di Sulawesi, diharapkan berbagai jenis begonia yang baru akan terus ditemukan dan dapat menambah daftar keanekaragaman hayati di Indonesia.

Selengkapnya, baca di www.kompas.com