12 Pohon di Indonesia Masuk dalam Kategori Langka

Keanekaragaman flora di Indonesia nampaknya mulai menghadapi ancaman. Hal tersebut ditandai dengan masuknya 12 pohon di Indonesia ke dalam kategori langka. Bahkan, 12 pohon tersebut sudah ditetapkan dalam buku Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (RSAK). Keduabelas pohon tersebut terbagi menjadi tiga prioritas, dan penetapan prioritas tersebut didasarkan pada empat kriteria, yakni kelangkaan, keterancamaan, nilai manfaat, dan pelestarian. Semakin kecil angka prioritas, maka semakin tinggi kemungkinan pohon tersebut akan punah.

Prioritas I merupakan kategori kritis yang menuntut untuk segera dilakukan konservasi karena dapat punah dalam waktu dekat, dan pohon yang masuk dalam prioritas ini adalah Dipterocarpus littoralis, Dipterocarpus cinereus, Vatica bantamensis, dan Vatica javanica ssp. javanica. Lalu prioritas II merupakan kategori mendesak untuk dilakukan konservasi, dan pohon yang masuk dalam prioritas ini adalah Shorea javanica dan Dryobalanops aromatica. Sedangkan untuk prioritas III, sebaran pohon masih tebilang cukup luas, tetapi punya tingkat keterancaman yang tinggi. Spesies-spesies ini antara lain adalah Eusideroxylon zwageri, Anisoptera costata, Shorea pinanga, Durio oxleyanus, Durio graveolens, dan Castanopsis argentea.

Sementara itu, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Dahono, mengatakan bahwa pembuatan SRAK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengonservasi flora Indonesia. Dengan ditetapkannya keduabelas pohon tersebut dalam buku SRAK, diharapkan pohon-pohon tersebut dapat terhindar dari kepunahan dan pohon tersebut tetat dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Selengkapnya, baca di www.kompas.com